Selasa, 11 Februari 2014

PROPOSAL MARBEL (Manggarai Berlari) DREAMDELION COMMUNITY EMPOWERMENT

I.         Pendahuluan
1.1       Latar Belakang
Menurut Departemen Kesehatan RI definisi remaja yang digunakan adalah mereka yang berusia 10 sampai 19 tahun dan belum nikah. (Kollman,1998). Sedangkan menurut BKKBN (Direktorat Remaja dan Perlindungan Hak Reproduksi) batasan usia remaja adalah 10 sampai 21 tahun. Istilah remaja merupakan padanan dari istilah adolescence yang berasal dari kata latin yang berarti bertumbuh atau tumbuh menjadi matang. Jadi remaja sebagai seseorang yang mengalami pertumbuhan atau berkembang menjadi dewasa yang digunakan untuk meyebutkan suatu periode yang terletak diantara masa kanak-kanak dan masa dewasa.
Di Indonesia kelompok usia remaja merupakan kelompok yang cukup besar yaitu sekitar 23% dari total populasi. Sebagai generasi penerus, kelompok ini merupakan aset/modal utama SDM bagi pembangunan bangsa dimasa mendatang karena remaja yang berkualitas akan berpotensi penting memegang peranan dalam mencapai kelangsungan serta keberhasilan pembangunan nasional bangsa.(Syamsu,2007).
Badan Internasional UNICEF (2005) mencatat Indonesia sebagai lima besar negara dengan kasus pernikahan usia dini terbanyak. Hasil survei Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) mengungkap bahwa angka perempuan menikah usia 10-14 tahun di Indonesia sebesar 4,2 persen, sementara usia 15-19 tahun sebesar 41,8 persen. Data lain dari BKKBN menyebutkan bahwa pada tahun 2013 terjadi peningkatan 10 persen indeks kehamilan usia remaja dibandingkan tahun lalu. Fenomena ini kemudian menjadi beban pemerintah karena menurut berbagai penelitian dan pengkajian terbukti bahwa pernikahan usia dini lebih banyak memberikan  dampak negatif baik kepada masyarakat, negara, dan pelaku atau individu yang bersangkutan. Pasangan yang belum siap secara biologis, mental, dan ekonomi untuk membentuk keluarga akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, ekonomi, dan sosial. Remaja perempuan yang hamil di usia muda berkontribusi terhadap peningkatan jumlah kematian ibu dan bayi. Kehamilan remaja pun beresiko melahirkan bayi dengan berat lahir rendah (BBLR). Tidak hanya dalam segi kesehatan, pernikahan usia dini juga merupakan suatu hambatan untuk menekan populasi atau kepadatan penduduk.
Bantaran Kali Manggarai merupakan salah satu kawasan kumuh dan padat penduduk di Jakarta Selatan. Pernikahan usia dini sangat marak terjadi di kawasan ini sehingga hal tersebut berkorelasi terhadap penurunan kesejahteraan penduduk yang ada di kawasan ini. Bedasarakan hasil observasi dan Focus Group Discussion (FGD) yang kami lakukan pada tanggal 15 Juni 2013 pada 13 remaja putra dan 2 remaja putri, maka didapatkan hasil sebagai berikut:
1.      Pernikahan usia dini di kawasan ini adalah hal yang lumrah dan seringkali terjadi. Terdapat beberapa remaja berusia 15-16 tahun yang telah menikah. Pernikahan dini didominasi remaja perempuan berumur 17-20 tahun. Rata-rata pemuda di kawasan ini telah menikah di bawah umur 25 tahun. Menurut sebagian besar narasumber, pernikahan usia dini 90% disebabkan oleh seks bebas yang mengakibatkan kehamilan yang tidak diinginkan sehingga pernikahan menjadi satu-satunya jalan keluar untuk menghindari gunjingan sosial.
2.      Penyebab dari seks bebas antara lain pergaulan bebas, kontrol atau proteksi orang tua yang lemah, para remaja yang tidak memiliki kegiatan positif, belum ada wadah bagi para remaja untuk mengaktualisasikan diri dan mengekspresikan kreatifitas mereka, rendahnya tingkat pengetahuan tentang resiko seks bebas dan kesehatan reproduksi.
3.      Dampak-dampak negatif dari pernikahan usia dini telah terjadi pada sebagian besar remaja, seperti pendidikan yang terputus karena harus mengemban peran domestik, penelantaran anak yang dilahirkan, ekonomi keluarga yang begitu lemah karena ketidaksiapan mengemban tanggung jawab untuk nafkah keluarga, dan ketidakharmonisan rumah tangga yang beresiko cerai muda.

4.      Remaja di Bantaran Kali Manggarai cenderung tidak menyukai penyuluhan yang sifatnya komunikasi satu arah dan menggunakan metode yang kaku. Sifat remaja Manggarai yang cenderung urakan dan senang bergaul merupakan tantangan tersendiri bagi tim Manggarai Sehat untuk melakukan pendekatan dan memberikan pendidikan kesehatan yang membuat mereka tertarik untuk menyimaknya.

1.1         Tentang Organisasi
Manggarai Sehat merupakan program pembangunan masyarakat (community development) melalui pemberdayaan pemuda dan bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bantaran Kali Manggarai, Jakarta Selatan. Program ini diinisiasi oleh delapan pemuda dari fakultas rumpun kesehatan Universitas Indonesia yang memiliki dedikasi tinggi untuk menciptakan perubahan positif dalam aspek pembangunan kesehatan. Melalui pemikiran kritis dan pengkajian berkelanjutan, kami telah merancang program pembangunan masyarakat di Bantaran Kali Manggarai berbasis pemberdayaan, advokasi, dan bina suasana. Program-program yang telah kami inisiasi merupakan sustainable program dengan target mengubah perilaku masyarakat Manggarai agar mampu berperilaku hidup bersih dan sehat.
Manggarai Sehat masih tergolong baru dibandingkan program-program community development lainnya yang dibawahi oleh Dreamdelion Community Empowerment sehingga pada saat ini kami masih dalam tahap assessment kebutuhan komunitas melalui penelitian dan skrining kesehatan. Beberapa program kesehatan telah kami laksanakan pada bulan Desember 2012 sampai dengan Juni 2013 seperti penelitian kesehatan, pendidikan kesehatan anak, perbaikan WC di PAUD Manggarai, pendirian posko kesehatan pasca banjir Manggarai, Gerakan Manggarai Sehat (skrining kesehatan dan senam jantung sehat), dan Greentrashivity.

1.1         Profil Masyarakat Bantaran Kali Manggarai
Kawasan pemukiman kumuh Bantaran Kali Manggarai terletak di Jakarta Selatan. Posisinya terletak di antara kali Manggarai dan pasar tradisonal Manggarai. Lingkungan pemukiman padat penduduk ini memiliki tingkat sanitasi dan kebersihan lingkungan buruk, serta masyarakat dengan pengangguran tinggi, kriminalitas tinggi dan pemahaman seks dini yang salah kaprah. Kompleksitas masalah yang dihadapi masyarakat ini tidak pernah mencapai solusi nyata karena perubahan yang ditawarkan umumnya bersifat kuratif-jangka pendek.
Pada kawasan tersebut,  rumah rata-rata berukuran 3x3 bertingkat dua yang dihuni hingga 3 KK (Kepala keluarga) tanpa WC dan merupakan rumah kontrakan dengan kisaran harga Rp 500.000. Masyarakat di sana menggunakan WC umum untuk melakukan aktivitas buang air kecil, buang air besar, dan mandi yang jumlahnya tidak mampu menampung jumlah pengguna sehingga banyak masyarakat lebih memilih untuk menggunakan WC terbuka yang terletak di pinggir kali. Desain rumah sebagian besar penduduk belum memenuhi kriteria rumah sehat dimana luas rumah tidak sesuai dengan jumlah anggota keluarga, ventilasi, dan pencahayaan tidak adekuat. Belum lagi kebiasaan para warganya yang merokok di dalam rumah dapat menjadi faktor presdiposisi tingginya prevelansi kasus ISPA (Infeksi Saluran Napas Akut) di kawasan ini. Kawasan ini juga beresiko tinggi terhadap penyakit-penyakit menular seksual karena tingginya perilaku seks bebas akibat pergaulan bebas remaja Manggarai.

I.         Nama Kegiatan
1.1         Nama Kegiatan: MARBEL (Manggarai Berlari)
1.2         Tema Kegiatan: Aktifasi dirimu untuk kebermanfaatan masyarakat

II.       Tujuan Kegiatan
MARBEL (Manggarai Berlari) merupakan pelatihan dan pendidikan tiga hari dua malam bagi para remaja Manggarai. Kegiatan training ini merupakan pelatihan awalan yang terdiri dari pendidikan karakter dan moral, pendidikan motorik, serta diskusi pernikahan usia dini. Berikut merupakan tujuan dari acara MARBEL (Manggarai Berlari) adalah sebagai berikut:
1.      Meningkatkan dan mempererat hubungan antara penyelenggara dengan remaja setempat, sehingga dari kedekatan yang ada dapat menciptakan suatu produk yang bermanfaat;
2.      Meningkatkan kesadaran remaja dengan memberikan kegiatan-kegiatan yang positif bahwasanya banyak hal yang bermanfaat dan produktif untuk kebermanfaatan bersama ;
3.      Meningkatkan kepercayaan diri pada para remaja dengan kemandirian yang ditimbulkan dan dan didorong oleh kegiatan-kegiatan yang ada.






III.    Waktu dan Tempat Kegiatan
Hari/ Tanggal     : Jumat-Minggu/ 1-3 November 2013
Tempat               : Villa Puncak Bogor
Jumlah Peserta   : 100 remaja Manggarai, 5 orang dari tim Manggarai Sehat                                                    Dreamdelion, 5 orang dari tim narasumber/pendidik

IV.   Deskripsi Kegiatan
Marbel adalah serangkaian kegiatan dimana dalam acara ini akan menumbuhkan kreatifitas yang akan dilaksanakan 3 hari bertutur-turut. Dalam kegiatan Marbel para peserta akan dihadapkan dengan permainan-permainan yang sudah disiapkan penyelenggara. Pada hari terakhir akan ada hadiah(award) yang diberikan kepada 3 juara dan satu juara umum(favorit)
1.1  Hari Pertama
n Game "Ingatkah Temanmu?"
Pada game ini peeserta yang telah dibagi ke beberapa kelompok wajib mengingat dan menghafal teman-teman di kelompoknya masing-masing. Hal-hal yang perlu diingat berupa nama lengkap, nama panggilan, dan hobinya. Masing-masing angggota kelompok akan di tanya oleh pembina yang telah di bagi pula pada setiap kelompok. Seorang pembina dapat mencatat hal-hal yang perlu diingat sama seperti peserta dengan syarat hafal dengan muka anggota kelompok binaannya.
n  Pemaparan Materi
Materi yang akan disampaikan oleh motivator dengan tema "Selami dirimu, raihlah impianmu".

1.2  Hari Kedua
n  Outbond
è Perkenalan
Peserta diminta untuk menyebutkan kembali nama dan hobi anggota-anggota kelompoknya.
è Boss Berkata



Dalam permainan ini tiap-tiap kelompok akan diuji kekompakannya. Apabila panitia di post ini mengatakan "Boss berkata......" maka peserta harus melakukan apa yang dikatakannya.
è Tangkis Rame - Rame
Disini pemainan dasar yang digunakan adalah olahraga bulu tangkis namun setiap anggota kelompok akan diikat tangannya dan akan memegang beberapa raket yang telah disediakan, begitu pula lawan tandingnnya. ( 2 Kelompok)
è Kaki Seribu
Permainan ini dilakukan denggan cara mengikat pergelangan kaki setiap anggota kemudian akan melangkah ke tempat yang telah diberi tanda oleh panitia. Sistem perlombaan akan dilakukan oleh 2 terlebih dahulu secara bersamaan.
è Pipa bocor
Para kelompok peserta akan bekerja sama dalam mengisi botol menggunakan pipa yang bocor.

n  Pemaparan Materi
Materi yang akan disampaikan oleh motivator dengan tema "Sadari potensimu, aktualisasikan gayamu".

n  Hasta Karya
Pada post ini peserta akan berkreasi untuk membuat kerajinan tangan dengan menggunakan prinsip 3R(Recycle, Reduce, Reuse)

n Lingkaran Berbicara
Momen ini merupakan saat dimana panitia maupun peserta diminta berbagi mengenai apapun, enteh itu masalah, perasaannya saat itu dan lain-lain dengan semua yang ada di tempat tersebut dengan lata malam hari ditemani api unggun.

1.1  Hari Ketiga
n  Muhasabah
Pada sesi ini perasaan peserta akan dibawa mengalun sehingga membuka hati, pikiran, dan perasaan yang diharapkan dapat menyadarkan baik peserta maupun panitia.
n  PENSI( Pentas Seni)
Setiap Kelompok akan menampilakan gaya dan seninya dalam bentuk apapun yang telah dilatih dari dua hari sebelumnya. Pelakon(/kelompok) akan disaksikan oleh seluruh peserta.
n  Pembagian hadiah(Award) dan klosing
Hadiah akan diberikan kepada 3 kelompok dan satu juara umum(favorit) berbentuk barang yang bermanfaat, kemudian acara akan ditutup.

I.         Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan ini adalah para remaja yang ada disekitar lingkungan manggarai dan para pemuda karang tarunanya.  Seluruh peserta akan melakukan kegiatan sesuai dengan kegiatan-kegiatan yang telah dijelaskan diatas. Sasaran tidak dibatasi pada jenis kelamin, ras, ataupun keadaan sosial ekonominya. Pemilihan sasaran kegiatan diserahkan pada kebutuhan masing-masing RT dengan mekanisme yang telah disepakati bersama.

SUSUNAN KEPANITIAAN

Pelindung                                                                                :           Alia Noor Anoviar
Penanggung Jawab                                                                 :           Faiqa Himma Emalia
Steering Committee                                                                 :           Rahma Fadillah Sopha
                                                                                                            Jihan Rigel Fitrian
Ketua Pelaksana                                                                      :           Fajar Tontowi
Sekertaris                                                                                :           Aulia Aprianne Putri
Bendahara                                                                               :           Ken Satrio Utomo
Koordinator Acara                                                                  :           Luki Firmansyah
PJ Sponsorship                                                                        :           Esti Cahyaningrum
PJ Humas, Publikasi, dan Dokumentasi                                 :           Rezky Utari
PJ Perlengkapan                                                                      :           Sano Sempati
PJ Konsumsi                                                                           :           Yani Jayani


SUSUSAN ACARA
Hari pertama
No
Waktu
Kegiatan
1
10.30 - 11.00
Kumpul di  Manggarai
2
11.00 - 13.30
Perjalanan
3
13.30 - 14.30
Beres-beres + Penetapan Kamar + Pembagian kelompok dan pembimbing
4
14.30 - 15.00
Makan Siang
5
15.00 - 15.30
Solat Ashar berjamaah
6
15.30 - 16.00
Perkenalan dengan Kelompok + Game Mengingat + Pemberitahuan Pensi
7
16.00 - 16.30
Istirahat
8
16.30 - 17.30
Bersih - Bersih Badan
9
17.30 - 18.15
Solat Maghrib berjamaah
10
18.15 - 18.45
Makan Malam
11
18.30 - 19.15
Latihan PENSI
12
19.15 - 20.00
Solat Isya berjamaah
13
20.00 - 20.30
Nonton Video
14
20.30 - 23.00
Pemateri dengan tema "Selami dirimu, raihlah impianmu"

Hari kedua
No
Waktu
Kegiatan
1
23.00 - 04.00
Tidur
2
04.00 - 04.30
QL
3
04.30 - 05.00
Solat Subuh berjamaah
4
05.00 - 07.00
Mentoring
5
07.00 - 07.30
Sarapan
6
07.30 - 07.45
Persiapan Outbond
7
07.45 - 11.30
Outbond
8
11.30 - 12.00
Bersih - bersih Badan
9
12.00 - 12.30
Solat Dzuhur berjamaah
10
12.30 - 13.00
Makan Siang
11
13.00 - 15.00
Pemateri dengan tema "Sadari potensimu, aktualisasikan gayamu"
12
15.00 - 15.30
Solat Ashar berjamaah
13
15.30 - 17.00
Hasta Karya
14
17.00 - 17.30
Bersih - bersih Badan
15
17.30 - 18.05
Solat Maghrib berjamaah
16
18.05 - 18.30
Makan Malam
17
18.30 - 19.15
Latihan PENSI
18
19.15 -20.15
Solat Isya  berjamaah + Mentoring
19
20.15 - 20.30
Nonton Video
20
20.30 - 23.00
Sharing di api unggun

Hari ketiga
No
Waktu
Kegiatan
1
23.00 - 02.30
Tidur
2
02.30 - 03.00
QL
3
03.00 - 04.30
Muhasabah
4
04.30 - 05.00
solat subuh berjamaah
5
05.00 - 06.00
Mentoring
6
06.00 - 06.30
Istirahat
7
06.30 - 07.00
Sarapan
8
07.00 - 08.00
Persiapan PENSI
9
08.00 - 10.30
PENSI
10
10.30 - 11.00
Mandi
11
11.00 - 11.50
Makan Siang
12
11.50 - 12.30
Solat Zuhur berjamaah
13
12.30 - 13.00
Manggarai Award
14
13.00 - 13.30
Klosing + Bawa tas ke Bis



                                                              ANGGARAN KEGIATAN

PEMASUKAN
SPONSORSHIP
Rp         39.152.000,00
TOTAL PEMASUKAN

Rp         39.152.000,00

PENGELUARAN
BENDAHARA
Buku Kwitansi
 Rp             10.000,00
1
 Rp              10.000,00
 Rp            10.000,00
ACARA
Pembicara
 Rp        1.500.000,00
3
 Rp          4.500.000,00
Ustadz
 Rp           700.000,00
1
 Rp             700.000,00
Hadiah Award
 Rp           200.000,00
3
 Rp             600.000,00
Hadiah Juara Akhir (1 & 2)
 Rp        2.000.000,00
1
 Rp          2.000.000,00
Villa (malam)
 Rp        3.000.000,00
2
 Rp          6.000.000,00
 Rp       13.800.000,00
PHD
Spanduk (3x1)
 Rp             15.000,00
3
 Rp               45.000,00
Back Drop (4x6)
 Rp             15.000,00
24
 Rp             360.000,00
Sertifikat
 Rp               2.000,00
150
 Rp             300.000,00
Nametag Panitia
 Rp               2.000,00
50
 Rp             100.000,00
Nametag Peserta
 Rp               1.000,00
100
 Rp             100.000,00
 Rp             805.000,00
PERLENGKAPAN
Pipa 1 Meter
 Rp             20.000,00
10
 Rp             200.000,00
Bambu 1 Meter
 Rp             15.000,00
10
 Rp             150.000,00
Bensin (liter)
 Rp               6.500,00
3
 Rp               19.500,00
Gunting
 Rp               5.000,00
20
 Rp             100.000,00
Tali Rapia
 Rp               3.000,00
5
 Rp               15.000,00
Lem UHU
 Rp             10.000,00
10
 Rp             100.000,00
Kain Flanel (25cm x 24cm)
 Rp               3.000,00
50
 Rp             150.000,00
Tali Gantung HP Kakak Tua
 Rp                  500,00
150
 Rp               75.000,00
Benang Sulam
 Rp               2.000,00
60
 Rp             120.000,00
Benang Jahit
 Rp               2.000,00
10
 Rp               20.000,00
Jarum Sulam (lusin)
 Rp             25.000,00
2
 Rp               50.000,00
Jarum Jahit (lusin)
 Rp             25.000,00
6
 Rp             150.000,00
Retsleting FFA
 Rp               7.000,00
20
 Rp             140.000,00
Karton
 Rp               3.000,00
5
 Rp               15.000,00
Doubletip
 Rp               5.000,00
5
 Rp               25.000,00
Lakban
 Rp             10.000,00
3
 Rp              30.000,00
Spidol Whiteboard
 Rp               7.000,00
5
 Rp              35.000,00
Kok Bulu Tangkis
 Rp               2.500,00
1
 Rp                2.500,00
Proyektor (3 hari)
 Rp           150.000,00
3
 Rp            450.000,00
Sound System
 Rp        1.200.000,00
1
 Rp         1.200.000,00
P3K
 Rp           100.000,00
1
 Rp            100.000,00
 Rp        3.147.000,00
KONSUMSI
Sarapan
 Rp             10.000,00
320
 Rp        3.200.000,00
Makan Siang
 Rp             15.000,00
480
 Rp        7.200.000,00
Makan Malam
 Rp             15.000,00
320
 Rp        4.800.000,00
Snack
 Rp               5.000,00
3
 Rp             15.000,00
Aqua Galon
 Rp               5.000,00
20
 Rp           100.000,00
Air Mineral Botol (dus)
 Rp             50.000,00
1
 Rp             50.000,00
Snack Peserta
 Rp             50.000,00
4
 Rp           200.000,00
Trashbag (lusin)
 Rp             10.000,00
5
 Rp             50.000,00
Nasi Box
 Rp             25.000,00
3
 Rp             75.000,00
 Rp     15.690.000,00
SPONSORSHIP
Akomodasi
 Rp           150.000,00
1
 Rp           150.000,00
Pulsa Handphone
 Rp           150.000,00
1
 Rp           150.000,00
Penggandaan Proposal
 Rp             20.000,00
20
 Rp           400.000,00
Proposal Donatur
 Rp               5.000,00
20
 Rp           100.000,00
 Rp          700.000,00
TRANSPORTASI
Bus
 Rp        2.500.000,00
2
 Rp        5.000.000,00
 Rp       5.000.000,00
Total Dana
 Rp     39.152.000,00




Tidak ada komentar:

Posting Komentar